Mahasiswa Arsitektur UMS Raih Prestasi dalam Archworks 8 Competition 2024

Mahasiswa Arsitektur UMS Raih Prestasi dalam Archworks 8 Competition 2024
Mahasiswa Arsitektur UMS Raih Prestasi dalam Archworks 8 Competition 2024

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menorehkan prestasi. Mereka berhasil menyabet Juara 3 pada ajang Archworks 8 Competition dengan “Access and Linkages, Encouraging Sustainability” yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Bintaro, pada Sabu (09-3-2024) lalu.

Prestasi ini bukan kali pertamanya. Sebelumnya, tim ini mendapatkan bronze medal pada ajang Adhi ICon 2024 Innovation For Construction yang diselenggarakan oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Mereka adalah Ariz Fantrio Larosa sebagai ketua, dengan anggota Raden Ajeng T. Luthfia Nur Putri Azizah dan Berlian Putra Pamungkas.

Luthfia menceritakan perjuangan mereka saat menjalani tahap penyisihan. Diawali dengan sistem seleksi babak gugur dengan mengambil 35 tim. Kemudian dilanjutkan dengan seleksi 15 besar hingga puncaknya pada 5 besar. “Tim kami kemarin mengirimkan karya yang berjudul EduSquare. Edu berasal dari kata education yg berarti pendidikan. Square sendiri merupakan ruang terbuka hijau,” ungkap Luthfia.

EduSquare memiliki makna ruang terbuka hijau berupa taman kota yang memiliki fungsi sebagai taman penunjang kegiatan pendidikan. Mengingat lokasi EduSquare sangat strategis yang dikelilingi sekolahan. “Alhamdulillah kita bisa mendapatkan juara tiga dan yang dapat juara dari kampus lain itu kebanyakan semester akhir. Terus juga ada yang sudah lulus,” tambah Luthfia.

Anggota lainnya, Berlian, menyebut tantangan terbesar saat kompetisi tersebut ketika mempresentasikan hasil karya. Baginya presentasi kelompok lawan terbilang bagus, sehingga memacu semangat Berlian dan tim untuk semakin solid dan kompak untuk melakukan presentasi dengan lebih baik. 

Ketua tim, Ariz Fantrio Larosa menyebut prestasi ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Dia berharap agar senantiasa belajar dari kekurangan sebelumnya dan dapat meningkatkan prestasi pada kejuaraan selanjutnya.

Kaprodi Arsitektur UMS, Dr Nur Rahmawati Syamsiyah, ST MT mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswa Arsitektur UMS.

“Luar biasa, Sebetulnya yang diajukan lomba adalah tugas mata kuliah Rekayasa Tapak dan Lansekap. Alhamdulillah karya tersebut bisa mendapatkan juara ketiga. Semoga mereka menjadi teamwork yang solid dan siap untuk kompetisi-kompetisi berikutnya,” ujar Nur Rahmawati. []ic

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*