Raih Juara dalam ISM 2024! UMPWR Dorong Mahasiswa Aktif Ikuti Kompetisi Internasional

Mahasiswa Universitas Purworejo (UMPWR) saat mengikuti International Students Mobility (ISM) 2024 (Foto: UMPWR)
Mahasiswa Universitas Purworejo (UMPWR) saat mengikuti International Students Mobility (ISM) 2024 (Foto: UMPWR)

Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) lewat Biro Kerja Sama dan Urusan Internasional (KUI) terus berupaya mendorong peningkatan prestasi dosen serta mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan internasional. Salah satunya melalui implementasi MoU antara UMPWR dengan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal sebagai kampus mitra dalam kompetisi “International Students Mobility (ISM) 2024”.

Ajang internasional yang diselenggarakan secara luring dan daring selama lima hari, yaitu Rabu-Ahad, (21-25/2/2024) di Desa Wisata Slumpring, Tegal ini mempertemukan mahasiswa dalam dan luar negeri dari India, Mesir, Uzbekistan, Ghana, Tanzania dan Kazakhstan. Adapun lomba ISM 2024 kategori luring diantaranya English Speech, Traditional Dance, dan Modelling. Sementara yang dilombakan secara daring yaitu lomba Photography, Vlog, Essay, dan Poster Design.

Dr Budi Setiawan MSi selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan UMPWR menjelaskan bahwa sebanyak 13 mahasiswa dari berbagai program studi (Prodi) telah mengikuti ISM 2024. Ia menegaskan UMPWR memberikan dukungan penuh untuk peningkatan prestasi mahasiswa, terutama dalam kompetisi internasional. “Kampus akan terus mendorong dan mendukung untuk meningkatkan prestasi mahasiswa, karena dampak positif tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga bagi prodi dan universitas,” tambahnya.

Lebih lanjut, dua mahasiswa UMPWR yaitu Cahyani dari Prodi Bahasa Jawa mengikuti lomba Tradisional Dance dan Modelling, dan Reyna Putri G. dari Prodi Manajemen mengikuti kompetisi English Speech. Sedangkan dalam lomba daring, mahasiswa atas nama Wahyu Dwi Yunanto dari Prodi Peternakan sukses meraih Juara I kategori Essay dengan judul “The Peranakan Etawa Goats of Kaligesing Breed as a Leading Commodity that Supports the National Economy”. Selain itu, mahasiswa atas nama Annisatun Azizah M.D dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia mendapatkan Juara II kategori Culinary Photography dan Ikhsan Asidiq S. dari Prodi Pendidikan Otomotif meraih Juara III Education Poster.

Dr Jeki Wibawanti, Kepala KUI sekaligus dosen pembimbing kompetisi esai menyampaikan rasa bangga dan syukur atas juara yang berhasil diraih oleh mahasiswa UMPWR. Atas prestasi tersebut, Dr Jeki berharap dapat menjadi suntikan semangat untuk mahasiswa lainnya agar lebih berani tampil dalam berbagai kompetisi hingga tingkat internasional. Dengan terselenggaranya ISM 2024 itu, Wakil Rektor IV Bidang IV Bidang Al Islam Kemuhammadiyahan dan Kerja Sama, Dr Tusino berharap UMPWR ke depan dapat dapat menyelenggarakan event internasional yang dapat mempererat dan memperluas jejaring kerja sama. []Ron

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*