Refreshment Editor Jurnal, Upaya Wujudkan UNIMMA Unggul

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menyelenggarakan kegiatan Refreshment dan Pendampingan Editor Jurnal di Sobo Joglo Jawi Jawi Tegalrejo pada Senin-Selasa (3-4/7). Kegiatan berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh 27 editor jurnal di UNIMMA.

Pada sesi pembukaan, Puguh Widiyanto, M.Kep, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNIMMA memaparkan Peraturan Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang tentang Tata Kelola Jurnal Ilmiah, yang menjadi pedoman untuk para editor jurnal di UNIMMA dalam pelaksanaan standar tata kelola, etika pengelolaan, model bisnis Jurnal Ilmiah, hingga standar pelaporan.

Ketua LPPM UNIMMA, Dr. Dra. Retno Rusdjijati, M.Kes mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya menuju UNIMMA unggul. “Selain untuk memberikan pendampingan dan diskusi, kegiatan ini juga sebagai persiapan UNIMMA menuju unggul. LPPM juga sudah menyampaikan kondisi jurnal UNIMMA kepada Bapak Ibu Dekan baru untuk meminta motivasi pengembangan jurnal,” ujarnya.

Disebutkan, dari 27 jurnal masih terdapat 12 jurnal baru yang belum terakreditasi. ‚ÄúPendampingan ini dilaksanakan supaya editor jurnal bisa mengajukan segera untuk pengajuan akreditasi,” tambah Retno.

Menanggapi Ketua LPPM, Dr. Lilik Andriyani, M.Si selaku Rektor UNIMMA berharap jurnal yang belum terakreditasi menjadi motivasi untuk memacu jurnal Sinta. “Ini satu proker yang luar biasa. Jurnal yang belum terakreditasi semoga memotivasi kita untuk bisa memacu ke jurnal akreditasi Sinta,” tutur Rektor.

Dua materi menjadi pengisi dalam pendampingan hari pertama ini. Materi pertama, Pengelolaan Jurnal Berdasarkan Instrumen Akreditasi disampaikan oleh Chrisna Bagus Endhita Praja, SH. MH. Dilanjutkan materi kedua, Journal Policy dan Substansi Artikel oleh Prof. Dr. Muji Setiyo, ST., MT. Acara diakhiri dengan pendampingan akreditasi jurnal, bagi jurnal-jurnal hasil masa akreditasi oleh pemateri. [] Humas UNIMMA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*