Pelaksanaan Masa Ta’aruf Mahasiswa (MASTAMA) Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi Tahun Akademik 2023-2024 (Sabtu, 23/9/2023) beda dengan biasanya. MASTAMA yang akan dilangsungkan selama dua hari ini (Sabtu-Ahad, 23-24/9/2023) menggelar produk-produk UMKM hasil produksi Mahasiswa IBM Bekasi.
Booth yang telah disediakan Panitia MASTAMA merupakan media promosi produk perusahaan, lembaga sampai organisasi. Aneka produk yang disajikan bervariasi dengan kategori produk perbankan, kosmetik, fashion (t-shirt), aksesoris, parfum, dan kuliner makanan ringan dan berat. Untuk jenis kuliner dari mulai baso tusuk, pangsit tulang rangu, kripik, krupuk balado, dan lainnya. Adapun softdrink berupa melon squash (es Mojito), coffee latte, kopi khas Garut.
Semangat mahasiswa masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal, Permasa, dari unsur HIMA yaitu HIMAKA, HIMAMA, HIMEI, HIMAKOM, Juga tidak ketinggalan Pengurus BEM, PK IMM, Tapak Suci dalam menjajakan produk UMKM sangat bervariatif. Walau sederhana booth dengan menggunakan meja.
Pengurus BEM IBM Bekasi, Alya Armianti, Husnul Khotimah Firdaus saat ditemui mengemukakan turut berpartisipasi meramaikan MASTAMA. “Ajang ini menjadi ekonomi kreatif, produk yang dibuat sendiri atau mengambil dari distributor sebagai pembelajaran marketing” ungkap Alya dan Husnul.
Produk yang ditawarkan bukanlah produk dadakan, namum mahasiswa juga telah membuka dan menjalankan usaha selama tiga tahun. Untuk saat ini pemasaran ke PT dan warung-warung, serta event-event.
Salah satu mahasiswa pindahan yang baru masuk di IBM Bekasi tetapi telah enam bulan bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang kosmetik dan skin care dengan brand ‘Y.O.U’. Aulia Zuu menyampaikan bahwa peluang bagi mahasiswa untuk memulai berbisnis dibidang kosmetik dan skin care sangat terbuka dengan bergabung di perusahaan ini. Produk kosmetik dan skin care untuk kecantikan banyak yang menanyakan dan membeli produk ini karena sesuai dengan kebutuhan unsur kulit konsumen. “Perusahaan Kami sangat terbuka untuk calon pebisnis muda, kerja sambil kuliah, dapat mengatur waktu secara fleksibel. Apalagi bagi Mahasiswa IBM Bekasi lowongan pekerjaan tidak akan sulit” ungkap Aulia.
MASTAMA kali ini menjadi ajang kreatifitas dan inovasi ekonomi bagi Mahasiswa IBM Bekasi sebagai pelaku UMKM disela-sela waktu perkuliahan. Khusunya produk-produk yang dihasilkan mahasiswa selama ini produk-produk hanya dapat dipasarkan dengan berpartisipasi dan terus bergerak pada event-event yang diselenggarakan berbagai pihak secara tentatif. Penjualan produk dapat sukses dan lancar serta memproduksinya tergantung event.
Harapan sangat besar mereka adalah Kampus II IBM Bekasi dapat memfasilitasi dengan segera merealisasikan IBMB Café (Kantin) karena lokasi yang berada di lantai 1 sangat strategis, mahasiswa ketika masuk ke area kampus, memarkirkan kendaraan motornya dapat dengan langsung memesan dan menikmati sajian yang diadakan dengan ragam produk dengan hasil produksi mahasisiwa. “Bila ada IBMB Café, Saya tidak akan menunggu kesempatan itu, akan langsung daftar menyediakan produk yang Kami buat untuk dapat dinikmati para mahasiswa, dosen dan juga karyawan disini,” harapan dari UKM Futsal.
Be the first to comment