UM Surakarta menyelenggarakan workshop dan seminar kepada mahasiswa peserta Wirausaha Kampus Merdeka (WMK) 2023, Kamis (24/8) lalu. Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir sebelum mereka menjalani magang dan diterjunkan sebagai mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS. Sebelumnya telah dilaksanakan berbagai workshop dan seminar dengan mendatangkan narasumber yang telah bergelut di bidang wirausaha, baik dari akademisi, praktisi hingga pengusaha yang telah meraup sukses.
Fikri Kurniawan ST, Co-Founder Jogjaasik.com dan Ayana Media Consulting, yang 10 tahun telah berpengalaman di bidang Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM), berbagi materi tentang dasar marketing online kepada Mahasiswa peserta WMK. Ia menggunakan Google Trends dan Google Suggest untuk membantu mendapatkan data yang berpotensi untuk menaikkan penjualan.
“Riset kata kunci dengan mencari sebutan yang sering digunakan orang-orang untuk barang yang kita jual. Posisikan Anda sebagai pelanggan, bukan sebagai pelaku bisnis. Semua ini bukan hanya tentang brand bisnis tapi kata apa yang mereka cari sehingga menemukan kita,” ucap Fikri dilansir laman resmi UMS.
Fikri melanjutkan, secara sederhana berjualan di media sosial sama seperti berjualan keliling. Menurutnya, sebagai seorang pebisnis harus mencari celah untuk mendapatkan perhatian pembeli. “Pada dasarnya orang yang bermain media sosial tidak mau ditawari barang yang kita jual karena konsumen di media sosial belum tentu butuh. Tapi kita cari cara buat mereka menginginkan barang yang kita jual,” jelas Fikri.
Ia juga menambahkan, saat ini periklanan sudah dapat di akses diberbagai platform seperti Website, Google My Business, SEO dan SEM, serta social media. Setiap kanal digital memiliki perbedaan karakter masing-masing, dan gunakan kanal digital tersebut sesuai kebutuhan iklan.[] RAS
Be the first to comment