Penggunaan media pembelajaran memiliki peran penting dalam terlaksananya kualitas pendidikan yang efektif dan bermanfaat. Hal ini tentu untuk meningkatkan minat serta motivasi siswa untuk belajar. Media yang menghubungkan visual, audio, dan interaktivitas dapat membuat materi pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami siswa. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) turut mengambil peran. Dalam hal ini, mereka memperkenalkan media pembelajaran berbasis digital yang disebut aplikasi “Wordwall”.
Pengenalan media pembelajaran ini dilakukan di Rumah Puspaningrum, Jl. Kapten Darmo Sugondo GG XVI, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur, pada Selasa (9/7/2024). Mahasiswa yang terlibat dari PGSD UMG diantaranya Abdatul Ma’azzah, Putri Nafiatul K, Liza Fina Rahayu, Lailiya Rahmawati S, Puspaningrum, Nika Cahyani R.D, dan Nur Dwi Wulandari.
Abdatul Ma’azzah mengatakan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting. Terutama di zaman sekarang yang berhubungan dengan teknologi. Berangkat dari teori Gerlach dan Ely (1971) bahwa media pembelajaran salah satu model yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Hal ini menjadikan mahasiswa PGSD turut mengaktualisasikan fungsi media pembelajaran. Liza Fina Rahayu menambahkan, pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini diamini oleh Lailiya Rahmawati Sholikah. Ia juga berpendapat bahwa pembelajaran akan lebih menyenangkan dan mudah diserap jika menggunakan bantuan media.
Aplikasi Wordwall dapat membantu meningkatkan keaktifan dan mengurangi kecenderungan rasa jenuh pada proses pembelajaran. Wordwall ini dapat membuat game edukasi yang mudah digunakan dan menyediakan berbagai fitur. Hal ini dapat membuat kelas menjadi lebih seru dan menarik. Beberapa jenis game edukasi yang bisa dibuat menggunakan aplikasi Wordwall antara lain match up, open the box, random cards, anagram, labeled diagram, categorize, quiz, dan find the match.
Para mahasiswa PGSD UMG menggunakan aplikasi Wordwall tersebut dalam kegiatan bimbingan belajar pada materi Pancasila. Antusiasme peserta didik terlihat saat mereka diperkenalkan dengan aplikasi Wordwall dan diminta untuk bergantian mencoba mengerjakan soal menggunakan aplikasi tersebut. “Permainannya sangat seru, Bu,” ujar Akbar, salah satu peserta didik. Kegiatan ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis digital seperti aplikasi Wordwall dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa, serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. []ic
Be the first to comment