Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) gunakan pendekatan yang tidak biasa dalam menarik perhatian calon mahasiswa baru (camaba) tahun ajaran 2024/2025. Memanfaatkan perkembangan teknologi, UM Bandung gencarkan promosi melalui platform live (langsung) di media sosial.
Upaya ini berbanding lurus dengan naiknya minat camaba untuk mendaftar di UM Bandung. Hal ini terbukti dari pernyataan salah satu orang tua camaba yang mendapat informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UM Bandung dari media sosial kampus tersebut.
Abdul Rohim selaku Kepala Bagian Promosi dan PMB UM Bandung mengatakan live di media sosial menjadi sarana ampuh untuk promosikan kampus tersebut. Melalui live streaming, masyarakat tidak hanya mengetahui informasi pendaftaran UM Bandung, tetapi juga dapat berinteraksi secara langsung dengan pihak kampus. “Pemanfaatan live media sosial telah membuka jalur komunikasi langsung antara kampus dan calon mahasiswa baru serta orang tua. Ini memungkinkan kami menjawab secara langsung pertanyaan dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kehidupan kampus serta program studi yang ditawarkan,” jelas Rohim.
Rohim menyatakan beberapa waktu lalu ada orang tua dan anaknya yang mendaftar ke UM Bandung berkat informasi live di media sosial. “Ini merupakan bukti kecil pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi kampus bisa berbuah positif. Tentu kami juga memanfaatkan promosi konvensional di darat melalui kunjungan ke sekolah, memasang iklan, dan sebagainya” katanya.
Setiap memulai live di media sosial, para admin UM Bandung memulai promosi dengan santai diselingi dengan bercanda saat berinteraksi untuk lebih mengakrabkan diri dengan netizen. Saat ini dan masa-masa yang akan datang, tim PMB UM Bandung juga menghadirkan narasumber dari fakultas, prodi, dan mahasiswa untuk berbagi pengalaman selama kuliah dan prospek karier setelah lulus.
Rohim menambahkan upaya promosi ini terlihat dengan semakin meningkatnya camaba yang mendaftar di UM Bandung. Banyak yang menyatakan mereka mendapat info yang lebih konkret dari live media sosial. “Terutama informasi soal beasiswa, prodi, dan prospek ke depannya. Dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, UM Bandung berharap dapat terus meningkatkan jumlah pendaftar calon mahasiswa baru dan memberikan kontribusi positif dalam pendidikan” tutup Rohim. []cal
Be the first to comment